Evaluasi ERP

Penilaian Kriteria Evaluasi ERP ialah pekerjaan yang paling melawan dan menjemukan. Organisasi benar-benar waspada karena ERP yang mereka tentukan mempunyai imbas periode panjang dalam organisasi dan keproduktifan organisasi.

Opsi yang keliru bisa secara mudah membuat organisasi ada dalam kerusuhan yang bakal susah mereka keluarkannya.

Sama seperti yang orang ucapkan ‘ERP seperti pernikahan’; Sesudah Anda mulai memakai ERP dan mempunyai Data Usaha Anda di ERP untuk beberapa saat, bukan pekerjaan yang gampang untuk berpindah ke ERP lain.

Investasi besar (lebih dalam soal sumber daya organisasi dibanding uang) dan komplikasi yang berkaitan dengan implikasi membuat berpindah ke ERP lain keputusan yang paling susah .

Maka harus ada proses yang rajin untuk menilai software ERP. Proses penilaian piranti lunak ERP harus diartikan dan ditujukan secara benar.

1. Team penyeleksian ERP: Di saat penyeleksian ERP, mayoritas perusahaan ikuti proses yang diputuskan oleh Chief sistem informasi Officer atau Manager TI. Selainnya CIO atau Manager TI, team penyeleksian ERP harus juga terbagi dalam kepala fungsional, perwakilan management pucuk, dan pemakai sebetulnya.

Team yang eksper dan masak pasti bisa menilai beragam supplier untuk kemampuan dan kekurangan mereka dan membuat opsi yang lebih bagus.

Lingkup Piranti Lunak ERP: Paket ERP yang bagus harus mempunyai fungsionalitas untuk penuhi keperluan organisasi sekarang ini atau di masa datang.

Lingkup penuh piranti lunak ERP harus merinci keinginan fungsional dari semua seksi usaha seperti Pemasaran, Stok, Keuangan, Penyediaan, dan lain-lain.

Benar-benar susah untuk memperoleh Piranti Lunak ERP yang sesuai keperluan Anda 100%. Umumnya 70% bugar dipandang cukup bugar.

Walau sepanjang demonstrasi Anda kemungkinan berasa jika piranti lunak penuhi syarat Anda 100% tapi itu tidak ada secara riil.

Pertama karena Organisasi tidak demikian terang mengenai Syarat pada tahapan awalnya. Ke-2 , benar-benar susah menilai fungsionalitas ERP dalam demonstrasi yang biasanya berjalan sekitaran satu jam.

Dalam masalah ini bahkan juga bila Anda mempunyai demonstrasi yang berjalan sepanjang 4 jam, Anda tidak segera dapat pahami ERP dengan detil yang umumnya Anda perlukan.

  • Akuntansi / Keuangan
  • Distribusi
  • Manufacturing
  • HRIS
  • Management Bahan
  • Penyediaan
  • Pengendalian jalinan konsumen setia
  • Dashboard Grafis saat ini dikatakan sebagai Dashboard Management
  • Beberapa alat Laporan (Baik yang bawaan atau faksi ke-3 )

Dan modul khusus industri yang lain seperti Modul Transportasi, Inventory management Deposito Masih tetap, dan lain-lain.
Ada banyak paket ERP yang ada di pasar, masing-masing berkekuatan dan kekurangannya sendiri.

Tiap paket mempunyai ide, arsitektur, dan rangkaian fungsionalitasnya sendiri. Organisasi perlu mengenali supplier yang pas dengan menganalisa banyak factor seperti feature produk, komplikasi rekonsilasi, tingkat kesuksesan implikasi, ongkos, rekomendasi konsumen setia, support saat implikasi, kedatangan lokal dan internasional, dan jumlah instalasi.

ERP harus juga memberikan dukungan banyak lokasi, banyak beberapa perusahaan, multi mata uang, dan banyak bahasa (bila dibutuhkan).

Analitis TCO: Saat menilai ongkos, selainnya harga Paket ERP termasuk juga ongkos kenaikan di periode kedepan, ongkos implikasi, ongkos rekonsilasi, ongkos lisensi piranti lunak Simpatisan (OS/Database dan lain-lain) dan ongkos piranti keras dan lain-lain.

Pikirkan ongkos yang bakal Anda keluarkannya sepanjang jendela lima tahun minimum. Ini memungkinkan perbedaan yang adil dari beberapa paket ERP, dan tentukan ROI periode panjang.

Organisasi harus juga mengonfirmasi dengan supplier ERP untuk ongkos tidak tersangka dan terselinap yang kemungkinan muncul ketika waktunya.

2. Integratif dengan Program/Perlengkapan lain: Selainnya ERP, organisasi memakai beberapa program piranti lunak. ERP kemungkinan dibutuhkan untuk berintegrasi dengan program ini ibarat server Mail, mekanisme Mangkirsi, Perlengkapan Produksi, Timbangan, mesin Bar Coding, dan lain-lain. untuk tukar data.

Organisasi harus membahas permasalahan ini dengan supplier ERP sepanjang babak penilaian tersebut. Antar-muka ini kemungkinan membutuhkan hubungan supplier ERP dengan produsen mesin/program ini untuk mengecek apa mereka bisa memberinya info ke supplier ERP dalam beberapa pola yang bisa dibaca computer.

3. Keramahan Pemakai: Antar-muka piranti lunak ERP yang ramah pemakai tingkatkan tingkat akseptasi pemakai. Sepanjang demonstrasi ERP, organisasi harus mengecek berapa ramah pemakai mekanismenya. Mereka harus mengecek susunan navigasi, click yang dibutuhkan untuk buka peranan, mencari pilihan dalam laporan, pilihan Grafis, dan lain-lain.

4. Usia Panjang Partner Implikasi ERP: Implikasi dan support ERP ialah proses yang panjang. Organisasi kemungkinan membutuhkan support dan kontribusi yang kerap sepanjang transisi hidup ERP. Disini usia panjang partner implikasi mainkan peranan penting. Penting untuk mengecek background usaha Partner implikasi ERP. Beberapa pertanyaan yang perlu dicari organisasi mengenai supplier ialah:

Berapakah tahun perusahaan sudah aktif turut serta dalam usaha piranti lunak?
Analisis usaha pokok mereka; Usaha ERP harus menjadi satu diantara usaha pokok mereka dan bukan satu dari usaha kecil mereka.

Orang kerap condong tinggalkan usaha mereka yang lebih kecil karena Rasio Ekonomi tidak benarkan mereka untuk ada dalam usaha aplikasi akuntansi ERP.

Dalam skenario semacam itu, Anda kerap kali didiamkan dalam kesusahan . Maka Anda harus mempunyai beberapa penataan Code Sumber seperti Escrow atau beberapa jalur keluar untuk Anda bila Partner atau supplier ERP sendiri memilih untuk tutup toko.

Kapan produk ERP dikeluarkan di pasar dan apa versus launching sekarang ini?

Check daftar konsumen setia yang berkaitan dengan usaha Anda dan referensi konsumen setia.

Minta rekomendasi Konsumen setia. Coba dan datangi situs Client mereka walau mustahil karena kebatasan waktu dan keengganan Client untuk memperlihatkan ERP mereka pada pihak ke-3 .

Plus untuk Client lawatan situs semacam itu kerap mengusik. Bersikukuh minimal pada Rekomendasi Konsumen setia dari supplier ERP.

Anda harus ingat jika penyeleksian partner implikasi yang pas kemungkinan lebih bernilai dibanding penyeleksian Produk.

Sebagian besar Produk pada intinya akan bagus dan akan mempunyai fungsionalitas yang penuhi beberapa keperluan Anda yang lumrah.

Ini ialah langkah implementasi Partner yang bisa membuat ketidaksamaan penting. Beberapa perusahaan ERP mengaplikasikan diri sendiri sebagai musuh dari pendekatan Partner. Ke-2 pendekatan itu mempunyai kekurangan dan keunggulannya semasing.

Saat Anda cari software akuntansi , hal paling penting yang perlu selalu dikenang ialah jika piranti lunak yang Anda mencari bisa menjadi penyelamat organisasi Anda.

Ini ialah alat yang akan langsung memengaruhi keproduktifan dan efektivitas periode panjang perusahaan Anda . Maka, pilih yang jelas pantas mendapatkan perhatian yang lumayan besar dari beberapa orang yang pas dalam organisasi Anda.