belajar bahasa luar

Pengembangan bahasa yaitu komponen penting dalam perkembangan buah hati supaya mereka mempunyai kecakapan berkomunikasi, memahami dan mengekspresikan perasaan. Belajar mengetahui, memahami, menerapkan dan merasakan bahasa menjadi langkah permulaan dalam memacu kecakapan literasi buah hati dan penting dikasih semenjak umur dini.

Hal ini bahkan disokong oleh penelitian pengajaran terkini dalam P21 Framework for 21st Century Skills. Penelitian ini menceritakan bahwa terdapat sebagian keterampilan yang dibutuhkan siswa supaya sukses dan berhasil di masa depan. Keterampilan hal yang demikian mencakup kecakapan berdaya upaya kritis, kreativitas, komunikasi, literasi (berita dan teknologi), serta sosial dan kolaborasi.

Melainkan, kapankah sebaiknya buah hati mulai belajar bahasa, secara khusus bahasa asing? Berdasarkan psikolog pengajaran dan buah hati Elizabeth Santosa, hakekatnya tak ada peraturan tertentu yang memutuskan umur berapa sepatutnya buah hati belajar bahasa. Psikolog dengan sapaan Lizzie itu beranggapan bahwa pengembangan bahasa dapat saja tergantung pada kesepakatan kedua orang tua buah hati.

“Umpamanya, ibu berharap bahasa pertama yang diterapkan bahasa Inggris, silakan saja,” kata Lizzie dikala dijumpai di acara peluncuran program EF Small Stars di Grand Indonesia, Jakarta.

Sebab itu, berdasarkan Lizzie, pengenalan bahasa merupakan komponen dari poin keluarga yang ditanamkan orang tua. Bahasa merupakan hal instingtif yang dididik orang tua, malah sebelum buah hati dapat berbincang-bincang.

Untuk menyokong orang tua dalam pengenalan bahasa pada buah hati ini, EF meluncurkan penemuan kreatif program EF Small Stars. Ini yaitu program pengajaran bahasa Inggris nonformal khusus untuk buah hati umur 3-6 tahun.

Regional Director EF English First Indonesia Elisabeth Maria mengatakan, program ini menerapkan cara belajar holistik lewat pendekatan pengajaran yang disesuaikan dengan level umur buah hati. Pelajaran dirancang supaya bisa memaksimalkan keterampilan sosial dan emosionil, kecakapan motorik halus dan kasar, serta kecakapan bahasa dan kognitif buah hati-buah hati dengan maksimal.