Souvenir Unik

Souvenir Unik – Berkunjung ke Kampung Adat Cikondang, traveler seharusnya membawa pulang buah tangan khas dari sana. Ada sandal gamparan dan bakiak yang demikian itu unik. Antik banget!

Kau yang main ke Kampung Adat Cikondang di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, jangan lupa untuk membeli buah tangan khas berupa sandal kayu dan cenderamata lainnya yang berbahan baku dari bambu dan kayu.

Salah satunya adalah sandal gamparan, atau pada zaman Belanda dahulu sering kali diketahui sebagai sandal juragan. Sandal antik berbahan baku dari kayu suren itu diwujudkan oleh Ilin Dasyah (82), selaku sesepuh adat Kampung Cikondang.

Tua tua keladi, kian tua kian menjadi. Peribahasa itulah layak untuk Ilin, seorang purnawirawan Pensiunan ABRI Angkatan Darat Kodam III Siliwangi Tahun 1981 lalu. Di usianya yang hampir menempuh satu abad ini, aktifitasnya kian produktif dengan membikin kerajinan tangan khas Kampung Cikondang.

“Sandal gamparan ini diwujudkan seketika oleh aku. Tiap-tiap bulannya dapat membikin hingga 23 pasang,” kata Ilin ketika dijumpai detikcom di Kampung Adat Cikondang, Rabu (6/9/2017).

Kecuali membikin sandal gamparan, Ilin juga membikin sandal bakiak serupa dengan kelom geulis dari Tasikmalaya. Ilin juga membikin bekong, sendok bambu, dan asbak, yang bahan bakunya diambil seketika dari kebunnya sendiri.

“Seandainya bakiak dapat aku buat hingga 50 pasang per bulannya. Bedanya dengan sandal gamparan, sandal bakiyak unuk membendung kaki menerapkan karet ban dan sandal gamparan cuma menerapkan lilingga (cantolan) yang dicapit oleh ibu jari dan telunjuk kaki,” ungkapnya.

Sandal yang dibuatnya itu mempunyai khasiat tersendiri adalah mengobati kaki yang sakit rematik.

Di masa tuanya, Ilin berkeinginan konsisten menjadi seorang yang produktif dan menjadikan uang walaupun dia telah mempunyai cucu 10 orang dan cicit empat.

“Ini yakni ekonomi kreatif, time is money. Ketimbang membisu, lebih bagus diisi dengan waktu yang positif, mengisi waktu ketimbang melamun,” tutupnya. – Barang Promosi

Baca Juga: https://imarainvestor.com/2018/08/27/tips-menaikkan-omset-penjualan/

Leave a Reply

Your email address will not be published.