Kegunaan Karbon aktif yakni sebuah senyawa amorf yang diciptakan dari bahan-bahan yang mengandung karbon aktif yang dibutuhkan secara khusus untuk menerima energi adsorpi yang tinggi. Sebuah karbon aktif bisa mengadsorpsi gas senyawa-senyawa kimia tertentu atau sifat adsorpsinya selektif, dan tergantung pada besar volume pori-pori dan luas permukaan.

Kekuatan serap karbon aktif benar-benar besar, ialah 25-1000% kepada berat karbon aktif. Dalam pembuatan karbon aktif terdapat tiga tahap, ialah

1. Progres dehidrasi

2. Progres aktivasi

3. Progres karbonisasi

Segala tergantung pada mutu aktif pada variasi bahan baku, teknologi pengolahan, metode cara kerja, dan kecermatan pengaplikasiannya.

Karbon aktif mempunyai banyak kegunaan, salah satunya diaplikasikan pada metode pemfilteran metode air, yang sudah dibahas pada tulisan Guna Karbon Aktif Pada Cara Pemfilteran Air.

Pada tulisan kali ini akan membahas mengenai beraneka variasi kegunaan dari karbon aktif, diantaranya:

  • Karbon aktif diaplikasikan untuk sebagai permurni gas. Seumpama, tabung gas yang umum pakai di rumah untuk masak dan itu sudah diolah dengan mengunakan karbon aktif.
  • Karbon aktif bermanfaat sebagai saringan industri minuman. Seumpama, perusahaan soda ternama Amerika Serikat dan itu mengunakan karbon aktif dalam pembuatannya.
  • Karbon aktif bermanfaat di farmasi. Lazimnya di rumah sakit banyak ditemukan limbah cair, seperti bekas suntikan yang telah pernah diaplikasikan. Itu tak boleh segera dibuang sebab membahayakan. Limbah cair yang diaplikasikan sepatutnya disaring atau direndam dengan mengunakan karbon aktif untuk menghilangkan zat-zat berbahayanya.
  • Karbon aktif diaplikasikan di pabrik chemical. Sistem kerja pabrik ini sama seperti farmasi dengan menyaring air limbah menjadi air yang tak membahayakan bagi lingkungan ketika dibuang.
  • Karbon aktif bermanfaat di pabrik gula pasir. Gunanya untuk memutihkan warna kuning yang terdapat pada gula yang diciptakan dari air tebu.- Berkhasiat di kapal. Berfungsi untuk membikin air asin menjadi air tawar.
  • Karbon aktif bermanfaat di daerah cuci baju alias laundry dan bermanfaat menyaring air sabun menjadi air bersih yang bisa diaplikasikan untuk menyiram tanaman dan lain-lain. Hal ini lazimnya disebut sebagai karbon yang ramah lingkungan.
  • Berkhasiat di daerah penambangan. Fungsinya untuk meresap hasil tambang seperti emas, timah, tembaga, dan lain-lain.

Seperti yang telah ditunjukkan pada artikel diatas, bahwa kegunaan dari karbon aktif benar-benar berperan penting dalam kehidupan manusia. Ketika ini terdapat sebuah karbon aktif yang mempunyai kwalitas tinggi dengan mutu terpercaya, ialah karbon aktif atau carbon active dari DeutschCarb.

Kunjungi www.karbon-aktif.com untuk mengenal info lebih lanjut mengenai karbon aktif dari DeutcschCarb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *