Apa Alasan Kita Investasi Emas?

Aset tradisional yang diinvestasikan orang lazimnya ialah saham, obligasi, uang tunai, dan terkadang Investasi Emas. Ada juga reksa dana yang berhubungan dengan segala kelas aset ini.

Di mana emas pantas dengan gambar ini? Emas secara tradisional hanya digunakan untuk lindung skor kepada inflasi atau dikala terjadi krisis ekonomi di dunia.

Terakhir kali Investasi Emas mengalami kenaikan harga yang besar sebelum sekarang ialah pada tahun 1970-an. Waktu ini ditandai dengan gejolak dunia, utang yang tinggi dan inflasi yang tinggi.

Emas dianggap sebagai logam yang digunakan dalam perhiasan dan ornamen, tetapi ini hanya beberapa dari gambarannya. Penerapan ini ialah upaya untuk mengkategorikan emas berdasarkan apa yang dijalankan secara jasmaniah versus apa yang diwakilinya.

Baca Juga : harga jual emas antam

Alasan kenapa emas digunakan untuk lindung skor inflasi atau peristiwa ekonomi ialah karena emas ialah uang. Bila Anda memerlukan bukti ini, pahamilah bahwa pembeli emas terbesar ialah bank sentral.

Mereka tak menggunakan emas untuk membikin perhiasan, tetapi untuk menopang mata uang mereka masing-masing.

Akhir-akhir ini, mereka telah menjadi pembeli bersih sesudah bertahun-tahun menjadi penjual bersih. Bila emas telah tertinggal zaman sebagai mata uang, para bankir sentral tak akan beratensi dengan emas hari ini.

Emas ialah salah satu mata uang terlama dalam sejarah perdagangan, dan digunakan di banyak budaya untuk mewakili kekayaan. Konsep ini masih berlaku sampai sekarang, tetapi telah dikaburkan oleh fakta bahwa Rupiah sekarang menjadi mata uang representatif atau mata uang cadangan untuk kekayaan itu. Anda pasti pernah mendengar perihal “standar emas”.

Simak Juga : tabungan emas

Ada suatu masa dikala segala mata uang dunia ditukar dengan emas dengan kurs tetap. Emas pada dasarnya ialah mata uang dasar untuk dunia, dan kemudian segala mata uang lainnya seperti pound, yen, dolar dan franc dibandingkan dengan skor emas.

Baru-baru ini dolar AS digunakan sebagai proxy untuk emas. Ini dijalankan pada mulanya karena pemerintah AS memiliki jumlah emas yang cukup untuk mensupport skor perwakilan mata uang. Ini seperti mengatakan bahwa dolar AS ialah pedoman terima yang mewakili emas absah yang disimpan di brankas pemerintah.

Dikala dolar dikeluarkan dari standar emas, kwitansi sekarang tak memiliki harga jual emas antam hari ini yang menunjangnya. Sebaliknya, tenaga perbendaharaan AS untuk memungut pajak atau menciptakan skor ialah dari mana skor dolar berasal.

Tersirat dalam pandangan baru ini hanyalah situasi sulit kepercayaan bahwa pemerintah, atau siapa malah yang mengeluarkan mata uang akan senantiasa menciptakan skor yang diwakili oleh unit mata uang. Pada dikala standar Investasi Emas dinonaktifkan, utang dan defisit nasional tak sebesar hari ini.

Dikala ini, utang telah tumbuh semacam itu besar sehingga ada diskusi perihal kebangkrutan pemerintah. tenaga perbendaharaan AS untuk memungut pajak atau menciptakan skor ialah dari mana skor dolar berasal.

Tersirat dalam pandangan baru ini hanyalah situasi sulit kepercayaan bahwa pemerintah, atau siapa malah yang mengeluarkan mata uang akan senantiasa menciptakan skor yang diwakili oleh unit mata uang. Pada dikala standar beli emas antam dinonaktifkan, utang dan defisit nasional tak sebesar hari ini.

Dikala ini, utang telah tumbuh semacam itu besar sehingga ada diskusi perihal kebangkrutan pemerintah. tenaga perbendaharaan AS untuk memungut pajak atau menciptakan skor ialah dari mana skor dolar berasal.

Tersirat dalam pandangan baru ini hanyalah situasi sulit kepercayaan bahwa pemerintah, atau siapa malah yang mengeluarkan mata uang akan senantiasa menciptakan skor yang diwakili oleh unit mata uang.

Pada dikala standar Investasi Emas dinonaktifkan, utang dan defisit nasional tak sebesar hari ini. Dikala ini, utang telah tumbuh semacam itu besar sehingga ada diskusi perihal kebangkrutan pemerintah.

Apa hubungannya dengan investasi Anda? Emas tak boleh diperlakukan seperti logam industri lainnya, tetapi lebih seperti mata uang.

Senantiasa mata uang lainnya, emas apa yang akan dibeli dalam dolar Anda akan berubah setiap hari, mirip dengan berapa banyak Euro yang dapat Anda beli dengan dolar Anda. Inilah salah satu alasan kenapa emas bergejolak, dan memiliki risiko seperti investasi lainnya.

Apa yang akan memberi pengaruh Harga beli emas hari ini? Sebab ada banyak faktor, tetapi dalam hal mata uang, tenaga belinya ialah variabel kunci dalam memahami harga emas.

Sebab mata uang relatif kepada mata uang lain, metode untuk memandang emas ialah – berapa banyak yang ada dibandingkan dengan mata uang lain di dunia? Sebab segala mata uang lainnya didasarkan pada kepercayaan, dan mata uang dapat diterbitkan dalam jumlah berapa malah kapan saja, ini ialah pedoman perihal metode melanjutkan.

Bila mengerti ceritanya – bagaimana saya berinvestasi di dalamnya?

Emas yang saya diskusikan sampai sekarang ialah logam itu sendiri. Ada banyak metode untuk berinvestasi emas – saham emas, indeks emas, dan membeli emas secara langsung – baik dalam emas batangan (batang atau wafer), koin atau membeli akses ke logam jasmaniah melewati dealer atau dana emas.

Bila Anda memahami gagasan bahwa cara investasi emas ialah mata uang, metode paling mudah untuk menangkap tren hal yang demikian ialah dengan membeli emas sebagai logam.

Bila Anda membeli akses ke logam emas melewati dana, Anda berharap menemukan sesuatu yang melacak harga emas sedekat mungkin.

Kemungkinan akan ada perbedaan kecil antara dana dan harga emas karena biaya, unit dana yang diterbitkan, atau pola perdagangan rentang pendek yang lazimnya setara dalam rentang panjang.

Dana emas dapat berupa dana yang diperdagangkan di bursa yang mengikuti emas, atau perwalian emas yang benar-benar membeli emas dan menaruhnya untuk Anda. Bila lain untuk membeli emas secara langsung ialah dengan membeli emas secara jasmaniah.

Ini akan dijalankan melewati dealer koin emas, dealer emas batangan atau dealer mata uang jikalau mereka berurusan dengan emas jasmaniah.

Banyak dari dealer ini bermunculan dalam beberapa tahun terakhir, jadi pastikan siapa malah yang Anda kunjungi memiliki sejarah dan reputasi yang baik. Risiko membeli emas batangan terletak pada tempat menaruhnya, dan kemungkinan kehilangan atau pencurian.

Anda dapat menyimpan emas di brankas di bank Anda atau minta seseorang menaruhnya untuk Anda dengan biaya tertentu, tetapi kemudian Anda semestinya memercayai siapa malah yang Anda simpan emasnya. Mungkin juga ada biaya mahal untuk membeli emas sehingga Anda perlu berbelanja seperti barang lain yang Anda beli.

Bila Anda berharap berinvestasi emas melewati saham, Anda mencari perusahaan yang benar-benar dapat memproduksi emas dan memanfaatkan harga yang betul-betul tinggi, atau kekurangan pasokan karena permintaan emas yang lebih banyak.

Ini berarti bahwa penjelajah emas dan anak di bawah usia mungkin tak dapat mencapai tujuan dengan baik, kecuali jikalau Anda berinvestasi dalam emas dan perusahaan juga.

Risiko dalam membeli saham emas berbeda dengan membeli emas batangan karena faktor pasar seperti manajemen perusahaan, cadangan emas, risiko geopolitik di lokasi penambangan, penerbitan saham baru, pengeluaran perusahaan dan lain sebagainya.

Baca Artikel Lainnya :

Anda juga dapat membeli reksa dana saham emas. Risiko dan imbalan dari taktik ini betul-betul mirip dengan membeli saham individu, tetapi Anda dapat melaksanakan diversifikasi di lebih banyak perusahaan emas. Kelemahannya ialah biaya pengelolaan reksa dana lazimnya lebih tinggi ketimbang membeli saham secara langsung.

Kuncinya di sini ialah bahwa emas dapat dipandang sebagai mata uang bukan hanya logam lain, dan investasi semestinya disesuaikan.