Kaki prostetik, atau prostesis, dapat membantu orang yang mengalami amputasi kaki lebih mudah. Mereka meniru fungsinya dan, terkadang, bahkan penampilan kaki asli. Beberapa orang masih membutuhkan tongkat, alat bantu jalan atau kruk untuk berjalan dengan kaki palsu, sementara yang lain dapat berjalan dengan bebas.

Jika Anda menjalani amputasi tungkai bawah, atau Anda akan segera melakukannya, kaki palsu mungkin merupakan pilihan yang Anda pikirkan. Spesialis rehabilitasi orang cacat Mary Keszler, M.D., berbagi beberapa pertimbangan yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. kaki palsu

Tidak Semua Orang Mendapat Manfaat dari Kaki Prostetik
Meskipun banyak orang dengan kehilangan anggota tubuh berhasil dengan baik menggunakan kaki prostetik mereka, tidak semua orang merupakan kandidat yang baik untuk protese kaki. Beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda diskusikan dengan dokter Anda sebelum memilih kaki palsu meliputi:

  1. Apakah ada cukup jaringan lunak untuk melindungi tulang yang tersisa?
  2. Berapa banyak rasa sakit yang Anda alami?
  3. Bagaimana kondisi kulit di tungkai?
  4. Berapa rentang gerak yang dimiliki anggota tubuh sisa?
  5. Apakah kaki lainnya sehat?
  6. Berapa tingkat aktivitas Anda sebelum amputasi?
  7. Apa tujuan mobilitas Anda?

Jenis amputasi (di atas atau di bawah lutut) juga dapat memengaruhi keputusan Anda. Biasanya lebih mudah menggunakan kaki palsu di bawah lutut daripada kaki palsu di atas lutut. “Jika sendi lutut utuh, kaki prostetik membutuhkan lebih sedikit usaha untuk bergerak dan memungkinkan lebih banyak mobilitas,” jelas Keszler.

Alasan di balik amputasi juga merupakan faktor, karena dapat berdampak pada kesehatan anggota tubuh yang tersisa. Kesehatan fisik dan gaya hidup Anda juga penting untuk dipertimbangkan. Jika Anda tidak terlalu aktif dan kehilangan kaki karena penyakit pembuluh darah perifer atau diabetes, misalnya, Anda akan berjuang lebih keras dengan prostesis daripada seseorang yang sangat aktif tetapi kehilangan anggota tubuh dalam kecelakaan mobil. tangan palsu

Dalam hal amputasi, setiap orang itu unik. Keputusan untuk bergerak maju dengan prostesis harus merupakan keputusan kolaboratif antara Anda dan dokter Anda.

Kaki Prostetik Bukan Satu Ukuran Cocok Untuk Semua

Jika dokter Anda meresepkan kaki palsu, Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana. Ini membantu untuk memahami bagaimana berbagai bagian prostesis bekerja bersama:

Kaki prostetiknya sendiri terbuat dari bahan yang ringan namun tahan lama. Bergantung pada lokasi amputasi, tungkai mungkin atau mungkin tidak memiliki sendi lutut dan pergelangan kaki fungsional.
Soket adalah cetakan tepat dari sisa anggota tubuh Anda yang pas di atas anggota badan. Ini membantu memasang kaki prostetik ke tubuh Anda.
Sistem suspensi adalah cara prostesis tetap terpasang, baik melalui penyedotan selongsong, suspensi / penyedotan vakum, atau penguncian distal melalui pin atau lanyard.
Ada banyak pilihan untuk masing-masing komponen di atas, masing-masing dengan pro dan kontra. “Untuk mendapatkan tipe dan ukuran yang tepat, penting untuk bekerja sama dengan prostetik Anda – hubungan yang mungkin Anda miliki seumur hidup,” saran Keszler. harga kaki palsu

Prostetik adalah profesional perawatan kesehatan yang berspesialisasi dalam kaki palsu dan dapat membantu Anda memilih komponen yang tepat. Anda akan sering bertemu, terutama di awal, jadi penting untuk merasa nyaman dengan prostetik yang Anda pilih.

Rehabilitasi Adalah Proses Kolaborasi yang Berkelanjutan

Setelah Anda memilih komponen kaki palsu, Anda akan memerlukan rehabilitasi untuk memperkuat kaki, lengan, dan sistem kardiovaskular Anda, saat Anda belajar berjalan dengan anggota tubuh yang baru. Anda akan bekerja sama dengan dokter rehabilitasi, ahli terapi fisik, dan terapis okupasi untuk mengembangkan rencana rehabilitasi berdasarkan tujuan mobilitas Anda. Sebagian besar dari rencana ini adalah menjaga kesehatan kaki Anda dalam kondisi yang baik. “Kaki Anda yang sehat sebanding dengan beratnya dalam emas,” Keszler menekankan. “Meskipun teknologi prostetik selalu berkembang, tidak ada yang dapat meniru kaki yang sehat.” harga tangan palsu