Salah satu kebutuhan untuk bisnis adalah properti seperti ruang kantor sebagai sentra kesibukan administrasi dalam aktivitas penyimpanan dan pengolahan data bisnis. Sebuah kantor lazimnya merupakan unit organisasi yang terdiri dari ruang/daerah, staf personel dan untuk menolong pimpinan dalam mengerjakan bisnis. Meski ketika ini banyak bisnis online yang mengaplikasikan virtual office tetapi kadang kala membutuhkan kantor kongkrit atau offline.

Mempunyai sebuah bisnis dengan keterbatasan dan pertimbangan tertentu, tidak mesti mempunyai kantor sendiri. Keputusan untuk menyewa kantor dianggap lebih ideal dan menguntungkan dalam mengerjakan bisnis. Untuk menyewa sebuah kantor sepertinya sebuah aktivitas yang cukup gampang dan simpel. Mecari pilihan yang ada di iklan baris, kemudian menyewa kantor yang ada. Simpel memang pengerjaannya, tetapi, apakah kantor yang demikian telah pantas atau cocok dengan bisnis yang dilakukan?

Tips Sewa Kantor
Sewa kantor membutuhkan pertimbangan yang matang serta usaha dan waktu tambahan untuk mencarinya. Jangan sampai menerima kantor yang kurang ideal untuk keperluan bisnis yang dilakukan. Tindakan pindah kantor bukan masalah simpel apalagi kantor hal yang demikian diterapkan sebagai sentra bisnis untuk rentang waktu yang lama. Untuk itu, ada sebagian tips yang perlu dipertimbangkan dalam membantu menyewa kantor dengan bagus.

1. Pertimbangkan Keperluan Bisnis Anda.
Berapakah jumlah karyawan yang ada? Kalau Anda mempunyai 10 karyawan, sebaiknya jangan menyewa ruang kantor untuk 100 karyawan, selain dalam waktu dekat akan menambah jumlah karyawan sebanyak itu. Jangan sampai termakan iklan sewa kantor dengan fasilitas mewah dan melimpah sekiranya bisnis Anda tak benar-benar memerlukannya. Membuat ini berhubungan dengan biaya sewa dan biaya operasional sehari-hari.

2. Membuat Anggaran Sewa Kantor
Pengeluaran anggaran yang besar untuk kebutuhan sewa dan perawatan kantor walaupun anggaran pemasukan untuk biaya hal yang demikian kecil atau tak mencukupi, bisa menghancurkan bisnis Anda. Cari dan peroleh ruang kantor dengan sewa yang cukup yang relatif murah dan yang paling penting tepat cocok dengan anggaran yang sudah ditentukan. Kalau perlu, mencari agen yang dapat menolong memecahkan permasalahan sewa kontrak kantor yang cocok dengan keadaan bisnis Anda.

3. Mencari Agen Properti Meskipun Biaya
Agen atau broker properti yang berpengalaman dalam menjual penyewaan kantor, tentu dapat memperhatikan keadaan kliennya atas keperluan ruang kantor yang cocok. Meski Anda bisa menyewa ruang kantor sendiri, akan tapi sebuah keputusan yang ideal untuk mencari agen atau broker properti untuk menolong Anda menemukan kantor yang ideal, seperti melaksanakan diplomasi perjanjian sewa yang bagus, mempunyai jalan masuk ke sewa properti yang tak teregistrasi di iklan, dan lain sebagainya.

4. Mempertimbangkan Biaya Bulanan Kantor
Selain ini, secara khusus di kota-kota besar, banyak kantor yang mengaplikasikan biaya sewa dengan US Dollar. Sebaiknya memilih kantor dengan biaya sewa kantor dalam rupiah mengingat US Dollar mempunyai poin tukar yang cenderung naik sehingga sekiranya rate mengalami kenaikan karenanya biaya sewa malah juga akan naik. Kalau malah mau konsisten mengaplikasikan dollar, pilih rentang waktu yang terlama supaya terhindar dari kenaikan harga sewa kantor dari pihak pemilik gedung. Semua itu, pertimbangkan biaya bulanan yang dibebankan ke penyewa kantor, seperti security, listrik, biaya pemeliharaan gedung, parkir dan sebagainya. Ingat ada kasus seperti ini di Green Pramuka City sebagian waktu yang lalu.

5. Perencanaan Bisnis Kedepan
Pembisnis menginginkan bisnisnya berkembang walaupun hal yang demikian dapat saja pudar, tetapi agenda masa depan bisnis harus dipikirkan. Apakah eksistensi kantor yang di sewa saat ini juga akan mengalami perubahan? Pilihan sewa ruang kantor yang kini memungkinkan untuk diperluas? Bagaimana sekiranya Anda mau mengakhiri perjanjian sewa kantor sebab ingin mencari kantor yang lebih besar? Rencanakan dan pikirkan dengan matang untuk masa depan bisnis Anda, jangan sampai memunculkan masalah yang membuat bisnis anda berantakan cuma gara-gara ruang kantor yang disewa.

Masih banyak tips sewa kantor yang perlu Anda kenal. setidaknya kelima tips di atas bisa sebagai gambaran untuk menemukan properti yang ideal untuk bisnis Anda dalam rentang waktu yang lama di masa yang akan datang.

Baca Juga: Sewa Rumah