Penutup jendela bisa mengurangi kehilangan daya via jendela, menurunkan tagihan pemanas dan pendingin, dan meningkatkan kenyamanan rumah.

Sekitar 30% dari daya pemanas rumah sirna via jendela. Di musim dingin, sekitar 76% cahaya sang surya yang jatuh pada jendela panel ganda standar menjadi panas.

Beberapa besar tipe perawatan jendela akan mewujudkan penghematan daya, tapi penghematan yang ideal akan tergantung pada tipe lampiran, musim, iklim, dan bagaimana lampiran diaplikasikan.

Kecuali perawatan jendela yang dibahas di bawah ini, jendela badai dengan lapisan e-rendah tepat sasaran untuk meningkatkan daya kerja termal jendela dan mengurangi perolehan panas sang surya.

Baca juga : Kaca Film 3m

Penutup Jendela yang Bisa Dioperasikan
Penutup jendela yang bisa dioperasikan memberi Anda fleksibilitas untuk memilih apakah akan membikin penutup jendela Anda terbuka atau tertutup untuk privasi, dan untuk mengoptimalkan sinar natural, manfaatkan panas dari sang surya di musim dingin, dan kurangi kenaikan panas di musim panas. Opsi termasuk warna, tirai, tirai atau gorden, dan sebagian daun jendela.

Pengoperasian Penutup Jendela
Tak seluruh penutup jendela bisa dioperasikan, tapi dari seluruh itu, satu penelitian menemukan bahwa 75% penutup jendela perumahan konsisten pada posisi yang sama tiap-tiap hari. Bila ini menandakan kultur Anda, jadilah strategis seputar penutup yang Anda buka di pagi hari.

Bila musim dingin dan cenderung cemerlang, buka tirai atau gorden di pagi hari untuk memungkinkan sang surya memanaskan rumah Anda sepanjang hari — lebih-lebih yang mendapatkan cahaya sang surya segera.

Di musim panas, Anda mungkin berkeinginan menjaga penutup jendela tertentu tertutup untuk mengurangi panas. Untuk sinar natural, buka penutup yang tak memperoleh cahaya sang surya segera.

Anda mungkin juga berkeinginan mencoba mengganti yang dibuka dan tutup sepanjang hari untuk mengoptimalkan sinar dan panas dari sang surya dikala Anda menginginkannya.

Sebagian penutup jendela menawarkan alternatif otomatis. Pelajari lebih lanjut seputar manfaat, kelemahan, dan pemasangan penutup jendela otomatis.

Perawatan Jendela Interior
Nuansa Seluler Terisolasi
Nuansa seluler terisolasi terbuat dari bahan berlipat yang dirancang untuk dilipat, seperti akordeon, lazimnya di komponen atas jendela, tapi kadang-kadang di komponen atas atau bawah. Nuansa terisolasi mengandung satu atau lebih lapisan udara dalam penampang sarang lebah. Sebagian bisa disesuaikan dari atas atau bawah.

Nuansa seluler terisolasi lazimnya dianggap mempunyai skor-R tertinggi dari seluruh penutup jendela. Kantung udara dalam penampang honeycomb bertingkah sebagai isolator, meningkatkan skor R dan mengurangi konduksi panas via jendela.

Nuansa seluler terisolasi bisa menjadi opsi yang bagus seandainya Anda mencari penghematan daya yang signifikan dari penutup jendela mereka, serta kenyamanan, privasi, dan peningkatan skor jual rumah.

Pada musim panas, warna seluler yang terpasang erat bisa mengurangi kehilangan panas via jendela sampai 40% atau lebih, yang berimbang dengan sekitar 20% penghematan daya pemanasan. Pada musim dingin, nuansa seluler bisa mengurangi panas sang surya yang tak diharapkan via jendela sampai 80%, mengurangi kenaikan surya sempurna sampai 15% atau kurang dikala dipasang dengan tepat yang ketat.

Nuansa seluler yang beroperasi pada jalanan samping paling tepat sasaran untuk meningkatkan skor-R windows, dan yang terbuka bagus dari atas ataupun bawah memungkinkan pengguna untuk secara tepat sasaran mengendalikan sinar sang surya menjelang rumah.

Sebagian nuansa seluler termasuk alternatif otomatisasi, memungkinkan tirai untuk membuka dan menutup pada jadwal yang diatur. Jadwal ini bisa dimaksimalkan secara musiman untuk mengurangi panas dan muatan pendinginan sambil mengoptimalkan sinar natural dan kenyamanan rumah.

Jendela Selimut
Selimut jendela mempunyai selembar bahan berlapis yang bisa dibuka dengan menggulung dan menutupnya dengan membuka gulungan. Mereka lazimnya layak tepat di trim, bagus di jalanan atau dengan lampiran seperti Velcro atau terkunci.

Sebab kenyamanannya, selimut jendela menawarkan peningkatan skor-R mirip dengan nuansa seluler, dan lazimnya lebih murah.

Roller atau Roman Shades
Nuansa roller lazimnya ialah warna murah yang dinaikkan atau diwariskan dari roller bar yang dipasang di komponen atas jendela. Nuansa Romawi merupakan warna jendela kain yang dibentuk menjadi serangkaian lipatan yang ditumpuk secara merata dikala dinaikkan atau diwariskan.

Warna ini lazimnya tepat di dalam casing jendela, atau ideal di luar, dan mereka datang dalam beragam kain, warna, dan tenun. Kain yang lebih berat lazimnya akan menawarkan daya kerja termal yang sedikit lebih bagus, tapi warna roller dan roman cuma menawarkan sedikit isolasi dan paling tepat sasaran untuk privasi, penggelapan ruangan, dan menghambat cahaya sang surya.

Tirai
Kerai jendela – ragam slat vertikal atau horizontal – lebih tepat sasaran dalam mengurangi perolehan panas musim panas ketimbang kehilangan panas musim dingin.

Sebab banyaknya bukaan di antara bilah kerai, susah untuk mengendalikan kehilangan panas via kerai jendela interior, tapi bilah menawarkan fleksibilitas di musim panas. Tak seperti warna, Anda bisa menyesuaikan bilah untuk mengendalikan silau, sinar, dan perolehan panas sang surya.

Saat benar-benar tertutup dan diwariskan pada jendela yang cemerlang, tirai yang betul-betul reflektif bisa mengurangi panas. Tirai ragam slat horizontal juga bisa disesuaikan untuk menghambat dan memantulkan cahaya sang surya segera ke langit-langit berwarna jelas. Langit-langit berwarna jelas akan meredakan sinar tanpa banyak panas atau silau, sementara memungkinkan Anda untuk mengambil profit tambahan dari pencahayaan natural.

 

Artikel lainnya : Kaca Film Mobil