Ternyata Bela Diri Selain Sehat Bisa Bermanfaat untuk Melatih Otak

Latihan bela diri, bagus itu silat, tai chi, taekwondo, ataupun tinju dan karate, mulai populer sebagai opsi olahraga kecuali lari dan nge-gym. Bukan sekedar cari peluh dan belajar mempertahankan diri, penelitian menyebut latihan bela diri rupanya mempunyai manfaat bagi otak manusia.

Apa saja? berikut 4 manfaat yang bisa anda temukan:

 

1. Meningkatkan kecepatan tanggapan

Latihan bela diri juga menolong meningkatkan kecepatan tanggapan dan koordinasi antara otak dan member tubuh lainnya. Gerakan menangkis dan menghindar seumpama, bisa diterima dengan lebih bagus oleh tubuh dikala otak menikmati ancaman bahaya.

Baca Juga: Bagaimana teknik pelatihan otak yang benar? Simak informasinya

 

2. Mempertajam konsentrasi

Latihan bela diri adalah metode yang bagus untuk mempertajam konsentrasi dan meningkatkan fokus. Peneliti menyebut bela diri adalah metode terbaik melatih konsentrasi dengan sistem attention state training (AST).

 

3. Meredakan stres

Sama seperti olahraga lainnya, latihan bela diri juga dapat meredakan stres yang dinikmati seseorang. Penelitian juga menyebut mereka yang rutin latihan bela diri berisiko lebih rendah mengalami depresi.

 

4. Mengurangi agresivitas

Penelitian menyebut latihan bela diri juga menolong mengurangi agresivitas pada pria. Dengan bela diri, empati terhadap orang lain yang lebih lemah dapat tumbuh dan menghindari terjadinya bullying.

 

Sumber: https://www.brainfit.co.id/