Kerja Sampingan

Dua jam memasuki buka puasa. Soly Sabatini (17) sibuk menata panganan takjil yang dijajakan di sudut pekarangan Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo. Tumpukan nasi bungkus, dia susun berdekatan dengan aneka lauk seperti tahu bacem, ceker ayam, bakwan goreng, sampai telor puyuh. Untuk menjaga kebersihan sajian, tiap makanan yang sudah dibenahi di piring saji dia lilit dengan plastic wrap.

Kesibukan Soly menyiapkan hidangan bergaya angkringan di hotel berbintang lima hal yang demikian menjadi komponen dari tugas profesi sambilannya. Tiap hari pukul 15.00 WIB-23.00 WIB, pelajar yang duduk di kursi kelas XII Jurusan Tata Boga SMK Sahid Solo ini mengisi waktu luangnya sebagai part-timer casual (kekuatan tolong) di komponen dapur hotel setempat.

Soly menerima profesi sambilan sebagai kekuatan tolong di KSPH melewati trek panggilan. Sebagian waktu lalu, dia bersama sebagian sahabatnya baru saja menamatkan magang kerja di daerah yang sama.

Perempuan yang hobi memasak ini mengatakan tiap musim tamasya tiba, dirinya getol memburu lowongan profesi paruh waktu di dunia maya. Dia mulai menjajal menjadi part-timer semenjak duduk di kursi kelas X. Pengalaman pertamanya berprofesi sebagai penjaga tenant di Food Court The Park Mall Solo Baru. Ia berprofesi sambilan murni demi tujuan pribadi. Kebetulan, kedua ayah dan ibunya juga meridhoi kesibukan si kecilnya yang tidak nyaman berdiam diri itu.

Belajar mandiri melewati part time

Evita Nur Cahyani (16), juga hobi mengisi libur sekolahnya dengan berprofesi paruh waktu. Bila sahabat sepermainannya piknik bareng sahabat atau keluarga, siswi Kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 6 Solo ini memilih mengenyam pengalaman menjadi pegawai.

Berjenis-jenis profesi sambilan yang pernah dia coba antara lain pegawai butik busana muslim, penjaga stan pameran fotografi, waiter di kafe ayam goreng, sampai toko soto. Selama libur Ramadan tahun ini, dia berprofesi paruh waktu sebagai penjaga lapak kudapan manis cubit di wilayah belakang Stadion Manahan Solo.

 

 

Kunjungi Juga : https://fastwork.id/