RO Membrane –  Memperhatikan kebersihan filter air serta kelayakan air  merupakan keharusan bagi anda yang hidup di Negara tropis seperti Indonesia.  Negara yang memiliki iklim tropis memilki sumber air tawar yang 83% terkontaminasi dengan air laut.

Untuk mengatasasi hal tersebut anda bisa menggunakan metode RO ( Reverse Osmosis ) . Reverse Osmosis merupakan proses dimana padatan anorganik terlarut (seperti garam) dikeluarkan dari larutan (seperti air). Hal ini dilakukan dengan tekanan air rumah tangga yang mendorong air keran melalui membran semipermeabel.

Lalu,tahukah anda apa saja kontaminan yang dikeluarkan oleh RO Membrane ?

Reverse Osmosis mampu mengeluarkan 99 %+ kontaminan , garam  terlarut (ion ), partikel koloid, bakteri , berbagai bahan organic, dan air umpan . Walaupun sistem RO sebenarnya tidak dapat diandalakan untuk mengeluarkan 100 % bakteri dan virus yang terkandung dalam air.

Sistem kerja Reverse Ormosis menggunakan pompa bertekanan tinggi guna untuk meningkatkan tekanan pada sisi garam RO serta memaksa air untuk melintasi membrane RO ,sehingga hampir semua larutan (yang terhitung 95% – 99%) dapat ditolak.  Jumlah tekanan pada pompa tergantung pada konsentrasi garam air umpan.

RO Membran mengeluarkan kontaminan bersadarkan besar muatan dan ukurannya.  Sebagai informasi , setiap kontaminan yang memiliki muatan molekul lebih besar dari 200 kemungkinan dapat ditolak oleh RO Membran dengan sangat baik.

Semakin besar muatan ion yang terdapat pada kontaminan maka  semakin besar pula kemungkinan tidak dapat diterima atau  melawati RO membrane tersebut .

Dan menjadi hal yang penting juga untuk anda pahami bahwa metode Reverse Osmosis (RO) menggunakan sistem filtrasi silang , dimana kontaminan dikumpulkan dalam media filter.  Karena sifatnya yang dapat menyapu kontaminan yang terbuang , sistem filtersilang dapat pula  berfungsi  untuk menjaga permukaan membran agar tetap bersih.

Penggunaan Reverse Osmosis sangat efektif jika digunakan  untuk merawat air tawar dan air tanah  yang yang diaplikasikan secara besar atau kecil. Beberapa contoh , penggunaannya sering ditemui pada industri yang meliputi  makanan dan minuman, farmasi , finishing logam dan  pembuatan semikonduktor.

Nah sekarang anda tahu kan kontaminan apa saja yang biasanya difilter oleh RO membrane. Untuk  itu pastikan anda lebih intensif memperhatikan kebersihan RO membrane  anda agar tercipta kelurga yang sehat pula. Metode diatas anda dapat terapkan dengan mudah.  Anda bisa  menggunakan produk beserta informasi mengenai Reverse Osmosis  dari Hydromart.co.id .

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *